Tag

,

Pernah mengalami hasil excel yang keluar berupa “N/A”, “#VALUE!” atau “DIV/0”? Ketiga hasil tersebut merupakan penanda bahwa adanya input yang tidak sesuai dengan formula. Maka, selama input yang dimasukkan tidak sesuai dengan formula, maka ketiga hasil tersebutlah yang akan muncul. Masalah? Bisa ya bisa tidak. Mengganggu? Merusak pemandangan? Sudah pasti ya. Apalagi jika file/aplikasi yang sedang kita kerjakan nantinya akan dipakai oleh banyak orang. Ada solusinya? Excel sudah menyiapkan cara yang dapat kita gunakan untuk menyembunyikan pesan error tersebut sehingga dapat mempercantik penampilan aplikasi yang kita buat.

Tips & Trik Excel 25_Gambar1

Fungsi “IFERROR”

Excel menyediakan fungsi yang dapat digunakan untuk menyembunyikan berbagai pesan error, salah satunya adalah “IFERROR”. Ingat! Fungsi ini hanya menyembunyikan. Artinya, kesalahan tetap terjadi, tapi pesan “N/A”, “#VALUE!” atau “DIV/0” tidak akan muncul. Kenapa? Seperti kasus di atas, kesalahan hasil yang ditampilkan oleh excel adalah murni sesuatu yang tidak bisa kita hindarkan. Pesan “DIV/0” muncul karena ada bilangan yang dibagi dengan nol. Dan seperti kita ketahui bersama, jika suatu bilangan dibagi dengan nol, maka akan menghasilkan error. Oleh karena itu, kesalahan “DIV/0” di atas adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindarkan ketika jumlahnya memang harus nol. Dan ketika hal ini terjadi, pesan error “DIV/0” dapat kita sembunyikan dengan “IFERROR”.

“IFERROR” merupakan turunan langsung dari fungsi “IF” dan oleh karena itu penulisan dari fungsi “IFEERROR” ini mengikuti aturan logika penulisan dari fungsi “IF”.

Fungsi “IFERROR” mempunyai aturan penulisan “=IFERROR(value,value_if_error)”. “value” adalah nilai atau cell yang akan kita periksa nilainya apakah sebuah error atau bukan dan “value_if_error” adalah sebuah hasil yang akan ditampilkan jika value yang kita periksa adalah sebuah error. Dan dengan mengikuti aturan di tersebut, maka penulisan formula pada tabel di atas menjadi seperti di bawah ini.

Tips & Trik Excel 25_Gambar2

Ditunjukkan oleh gambar di atas bagaimana fungsi “IFERROR” digunakan. Ketika sebuah situasi error dijumpai oleh excel maka, alih-alih menampilkan “DIV/0”, excel tidak menampilkan apapun. Hal ini dikarenakan pada formula yang diketikkan pada fungsi IFERROR untuk error yang terjadi akan ditampilkan tanda “-”.

Fungsi Lainnya

Selain “IFERROR” masih ada satu fungsi lainnya dalam menyembunyikan pesan error. Fungsi tersebut adalah “IFNA”. Masih satu keluarga juga dengan fungsi “IF”, dengan cara penulisan yang serupa juga dengan “IFERROR”. Bedanya, jika “IFERROR” digunakan untuk menyembunyikan error “DIV/0” maka “IFNA” digunakan untuk menyembunyikan error “N/A”.

Kompabilitas WPS Spreadsheets

Tidak ada masalah ketika kita bekerja dengan WPS Spreadsheets karena memang WPS juga menyediakan fungsi IFERROR dengan aturan yang sama pula. Jadi, tidak ada excel pun tidak akan ada masalah. WPS tetap bisa menjalankan tugasnya dengan sama baik.

Kesimpulan

Memang bukan menjadi masalah ketika pesan error muncul pada aplikasi yang kita buat, bahkan terkadang pesan ini menjadi sangat penting untuk mengetahui keberadaan masalah. Tapi, tentu saja jika aplikasi sudah final dan kita akan rilis ke publik, maka keberadaan pesan error ini menjadi sangat tidak menyenangkan untuk dilihat. Untungnya ada beberapa fungsi yang kita manfaatkan untuk mengatasi hal ini dan sudah sepantasnya hal ini kita lakukan untuk memberikan tampilan yang lebih profesional 🙂

————————————–

Software pendukung selama pengetikan artikel:

  1. Office : WPS Writer 2019, Microsoft Excel 2019, WPS Spreadsheets 2019
  2. Grafis : Paint
  3. Browser : Google Chrome Version 79.0.3945.88 (Official Build) (64-bit)