Tag

, ,

Sebenarnya Microsoft Office tidaklah seburuk dan sepelit yang banyak dibayangkan/dibicarakan oleh banyak orang. Kalau ada omongan harga lisensinya mahal dan sebagainya, rasanya hal ini sangat berbanding lurus dengan kualitas, performa dan layanan yang sangat baik. Dan salah satu layanan yang ditawarkan oleh Mircrosoft Office, khususnya excel, adalah berbagai template yang dapat digunakan langsung tanpa tambahan biaya apapun. Template ini dapat kita temukan pada menu File-New.

Setidaknya ada dua jenis template yang ditawarkan oleh Mircrosoft Office, yaitu offline dan online. Untuk versi offline, template yang tersedia sangat terbatas, sedangkan untuk versi online sangat banyak variasinya. Mulai dari “Business”, “Personal”, “Lists”, “Budgets”, “Charts”, “Calendar” dan sebagainya. Untuk kesempatan kali ini kita hanya akan melihat template yang disediakan secara offline. Akan kita coba salah satu diantaranya, satu yang menurut saya sangat menarik, yaitu template “Personal Monthly Budget”

Tips & Trik Excel 26_Gambar1

Ketika pertama kali kita membuka template “Personal Monthly Budget”, maka akan tampil dihadapan kita sebuah file perencanaan keuangan bulanan. Di dalamnya terdapat setidaknya kolom untuk perkiraan pendapatan (PROJECTED MONTHLY INCOME) dan kolom untuk pendapatan yang sesungguhnya (ACTUAL MONTHLY INCOME). Di samping kedua kolom tersebut, terdapat perhitungan sisa/hutang dari perencanaan pendapatan dan pengeluaran (PROJECTED BALANCE), dilanjutkan dengan perhitungan sisa/hutang dari pendapatan dan pengeluaran sesungguhnya (ACTUAL BALANCE) dan ditutup dengan perbedaan dari perencanaan dan yang sesungguhnya terjadi (DIFFERENCE). Cell yang harus diisi ditandai dengan warna biru, sedangkan cell yang akan otomatis terhitung ditandai dengan warna merah.

Tips & Trik Excel 26_Gambar2

Tabel Pos Pengeluaran

Yang paling menarik dari template Ini adalah disediakannya tabel untuk kita menuliskan perencanaan pengeluaran dan yang sesungguhnya terjadi sesuai dengan pos-posnya. Misal pos pengeluaran untuk perawatan rumah, hiburan, transportasi, pinjaman dan lain sebagainya. Tidak kurang dari 12 pos pengeluaran telah disediakan oleh template. Mulai dari pos-pos yang sudah kita perkirakan sebelumnya seperti pada contoh di atas, hingga pada pos-pos yang tidak kita bayangkan sebelumnya, seperti pos untuk perawatan diri dan sumbangan-sumbangan. dan seperti telah saya sampaikan sebelumnya, dalam setiap tabel dapat kita masukkan besarnya perencanaan dan besarnya pengeluran sesungguhnya. Selanjutnya ketika kita telah memasukkan nilai untuk setiap pengeluaran, maka sistem akan menghitung dan menandai secara otomatis apakah sudah sesuai perencanaan, berlebih atau malah kurang. Dan untuk setiap posnya, telah disediakan item-item yang mungkin memang kita keluarkan. Jika ada diantara item ini yang tidak sesuai, tinggal kita abaikan atau dapat kita ubah.

Tips & Trik Excel 26_Gambar3

Diakhir tabel pos terakhir telah disediakan tabel yang dapat kita manfaatkan untuk mengetahui total pengeluaran dari perencanaan dan yang sesungguhnya terjadi.

Tips & Trik Excel 26_Gambar4

Kesimpulan

Overall, template ini sangat layak untuk digunakan. Dapat kita manfaatkan untuk membuat pembukuan pengeluaran bulanan secara sederhana. Nilai tambahnya adalah kita dapat memodifikasi template ini sesuai dengan kebutuhan dan yang paling utama, gratis untuk digunakan.

Bagaimana dengan template lainnya? Jika kita bisa menggeneralisir template ini, maka seharusnya template-template lainnya yang dibuat oleh Microsoft Office sangat layak untuk kita gunakan. Masih kurang? Jangan khawatir karena terdapat banyak template lainnya yang disediakan secara online dan dapat kita unduh pula.

Well, tidak ada salahnya untuk memulai untuk mencoba menggunakan template-template ini. Ketika kita bisa memanfaatkannya secara optimal, maka akan banyak waktu yang dapat kita hemat untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan ^^